Paulus Sang Tahanan

“Maka gemparlah seluruh kota, dan rakyat datang berkerumun, lalu menangkap Paulus dan menyeretnya keluar dari Bait Allah dan seketika itu juga semua pintu gerbang Bait Allah itu ditutup.” (KPR 21:30)



Pembahasan: Kisah Para Rasul 21:30 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 21:27-36

Kesulitan, disalahmengerti, difitnah dan berbagai ketidakadilan hidup, bukan hanya dialami oleh mereka yang di luar Kristus, tetapi mereka yang setia melayani Tuhan pun tidak lepas dari semua itu. Hal yang sama terjadi dengan Paulus. Di tengah pelayanannya yang berkobar-kobar bagi Tuhan, dikatakan bahwa ada orang-orang Yahudi datang dari Asia, tidak senang dan mulai menghasut rakyat dan menangkap dia.

Tanpa selidik, mereka langsung menuduh Paulus menajiskan Bait Allah (dengan membawa orang Yunani yakni Trofimus masuk ke Bait Allah), hanya karena mereka melihat Trofimus bersama-sama Paulus di kota. Tentu ini suatu tuduhan yang sangat serius, dan biasanya hukumannya adalah mati. Lalu mereka menyeret Paulus keluar dari Bait Allah dan menutup pintu gerbang Bait Allah, dengan tujuan agar Bait Allah tidak dinajiskan, sebab mereka berencana membunuh Paulus. Sangat ironis sekali bukan? Mereka berusaha menjaga kesucian Bait Allah tetapi mereka sendiri menajiskan diri dengan kebencian dan siasat jahat. Tetapi, sungguh anugerah Tuhan cukup bagi anak-anak-Nya. Di tengah pemukulan mereka, datanglah kepala pasukan Romawi beserta prajurit-prajurit dan perwiranya yang kemudian menghentikan pemukulan atas Paulus dan mengamankan Paulus dari orang-orang banyak itu.

Dari bagian ini kita belajar kebenaran yang pernah disampaikan oleh Tuhan Yesus, bahwa siapa yang mau mengikut Dia, harus menyangkal diri dan memikul salib. Ada banyak konsekuensi yang mungkin kita alami, ketika kita mau setia hidup dalam kebenaran dan memberitakan Injil-Nya, karena dunia ini membenci Dia. Tetapi jangan takut dan undur dari iman kita, sebab sesungguhnya Tuhan itu menyertai anak-anak-Nya, entah kita diluputkan atau bahkan bila kita harus mengalami aniaya, anugerah Tuhan akan selalu cukup buat kita; menguatkan dan meneguhkan hati kita. Kita perlu terus memelihara iman kita dan terus mengarahkan mata hati kita kepada Tuhan di tengah segala situasi yang kita alami. Tetaplah setia dan bersandar pada-Nya.

STUDI PRIBADI: Menurut Anda, mengapa orang Yahudi dari Asia ini berusaha membunuh Paulus? Mengapa Paulus dituduh menajiskan Bait Allah? Bagaimana Tuhan melindungi Paulus dari orang-orang yang membencinya?

Pokok Doa: Mari kita berdoa agar jemaat Tuhan tetap teguh dalam imannya dan giat dalam memberitakan Injil walaupun ada konsekuensi yang harus dihadapi.

×

Kisah Para Rasul 19 : 11

11 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,

×

Kisah Para Rasul 15 : 19-20

19 Sebab itu aku berpendapat, bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah,

20 tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.

×

Kisah Para Rasul 15 : 28-29

28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:

29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Sharing Is Caring :